Tuesday, February 1, 2011

Working Rules : For Our Professional Life

Ada beberapa aturan tidak tertulis yang sering dilanggar, atau seenak nya disepelekan oleh beberapa orang. Dalam hal pekerjaan, hal ini jelas sangat mengganggu. Selain itu, kredibilitas yang bersangkutan pun ikut turun. Belum lagi soal pekerjaan yang pada akhirnya terkena imbasnya. 
Nah, ada beberapa aturan, saran, yang saya tahu, dan biasa saya lakukan. 
Terutama bila kita bekerja dengan teman sendiri. teman adalah teman, namun pekerjaan tetap harus dijalankan secara profesional.
  1. Bedakan urusan personal dengan urusan pekerjaan. Mutlak untuk profesionalitas. Walaupun bekerja dengan teman, pacar, saudara usahakan ada batasan jelas. 
  2. Jika mengundang meeting usahakan jauh-jauh hari. Maksimal sehari sebelumnya, kecuali untuk meeting darurat. Penting agar yang kita undang dapat mempersiapkan waktu dan segala hal lain nya. Selalu tanamkan pemikiran "semua orang sibuk dan punya urusan masing-masing"
  3. Jika diundang, beri respon dengan jawaban bisa/tidak. Bila Tidak, sertakan alasan nya. Atau kita bisa mendisposisikan undangan ke pihak lain. 
  4. Patuhi deadline. Tenggat waktu itu terkait dengan beberapa orang dan pekerjaan beberapa orang, terutama bila anda bekerja dalam team. Pastikan pihak lain tidak kerepotan karena anda.
  5. Rapat harus punya agenda jelas, waktu yang jelas, dan kesiapan yang pasti. Jangan buat rapat mengalir, hanya buang-buang waktu saja. 
  6. Cintai pekerjaan anda. Jangan lakukan karena terpaksa, jangan pula lakukan arena orang lain. Bersenang-senanglah.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...