Friday, February 11, 2011

GREEN LIFE STYLE

Menyelamatkan alam, menurut gw, harus dijadikan sebagai trend, dan dijaga issue nya agar tetap berada di puncak. Tidak bisa kita menggunakan (hanya) idealitas dalam mengkampanyekan nya. Masyarakat ini beragam. Baik dalam segi umur, pendidikan, lokasi, dan sebagainya. 
Yang paling mudah dan paling perlu, adalah menciptakan trend hijau ini di kalangan anak muda. Green Life Style, bisa dijadikan sebagai hal yang asyik, menarik, prestisius, keren, serta mudah dilakukan untuk kalangan anak muda. 
Nah, ini ada beberapa tips mudah dan sangat layak coba untuk diikuti.

  1. Wajib punya tas (boleh canvas bag atau apapun) untuk menampung barang belanjaan atau bawaan kita sehari-hari., Dengan begitu kita mengurangi penggunaan plastik.
  2. Tolak halus pemakaian plastik saat kita membayar di kasir toko atau supermarket. Bila belanjaan banyak pilih gunakan kardus bekas dr toko tersebut.
  3. Selalu biasakan mencabut charger handphone dan stop-kontak alat-alat elektronik lain nya di kamar. Biar lebih mudah, gabungkan semua colokan dalam satu hub, agar mudah dimatikan atau dicabut. 
  4. Pakai dua sisi kertas. Daur ulang foto copy-an bahan kuliah yang tak lagi terpakai menjadi block note. Atau gunakan bekas proposal dan kertas kerja untuk keperluan lain. 
  5. Buang sampah selalu dan harus pada tempatnya. Usahakan pisahkan sampah sesuai jenis nya.
  6. Matikan lampu saat tidur atau saat ruangan tidak dipakai. 
  7. Tanam tanaman (usahakan pohon kayu keras) minimal 1 batang setiap tahun. Bila tidak ada lahan, donasikan uang mu untuk gerakan-gerakan penanaman pohon. 
  8. No more komputer dan tv menyala 24 jam, bahkan saat kita keluar kamar atau tidur.
Gampang, bisa dilakukan siapa saja. Menyelamatkan lingkungan bukan berarti kita harus jadi aktivis anti perburuan Paus dan hijrah ke lautan Jepang, taau mengukur suhu es mencair di Antartika. 
Lakukan semua dr diri kita, dari kamar kita, dari keseharian kita, dari lingkungan terkecil kita. 
GO GREEN!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...