Friday, January 13, 2012

ANDREJ PEJIC “Straightly Androgynous”

ANDREJ PEJIC
“Straightly Androgynous”


Jean Paul Gaultier Couture Bride
Orang awam bilang, Andrej Pejic adalah sebuah anomali. Namun dalam fashion, Andrej Pejic tampaknya sukses merepresentasikan fashion masa kini. Sebuah dunia dengan garis setipis membran kondom yang membatasi perbedaan gender.


Di usianya yang belum juga 20 tahun, Pejic sudah membuat banyak fashion people  terperangah dan terkagum-kagum oleh anugerah Tuhan akan sosok dan postur tubuh serta susunan tulang wajah yang lebih dari sekedar cantik. Pejic adalah penggambaran sempurna definisi androgyni.  Pria tulen ini memiliki rambut platinum blonde panjang, dengan hidung mancung mencuat dan postur layaknya patung Yunani. 

Para pelaku industri fashion pertama kali dibuat ternganga oleh kemunculannya dalam couture show Jean Paul Gaultier, dimana Pejic adalah sang pengantin perempuan dengan baju pengantin super mewah dan tatanan rambut mohawk. Para editor fashion bertanya-tanya, siapa model wanita yang tidak dikenal ini. Tentu saja tak ada satupun direktori model yang bisa menjelaskan siapa “model perempuan” ini, karena dia adalah seorang lelaki.

Pada Paris Fashion Week Spring 2011, Pejic muncul dalam dua show sekaligus, memperagakan busana pria dan wanita. Sejak saat itu berbagai fashion campaign pun dibintanginya. Mulai dari iklan Jean Paul Gaultier dimana Pejic berpose bersama Paulina Kurkova, hingga iklan untuk label Marc Jacobs.
Awal tahun 2011, Pejic mulai tampil untuk cover beberapa majalah. Sosok androgyni nya dianggap segar dan menujukkan aktualitas dalam fashion. Tinggal tambahkan sedikit make up dan tatanan rambut maka orang awam akan mengenalinya sebagai model perempuan yang cantik.

Dalam sebuah majalah Pejic dianggap tepat untuk berpose dengan busana wanita namun dengan dada terbuka. Karena dia memang seutuhnya pria, tak perlu takut terkena larangan akan pornografi. Kendati begitu beberapa majalah berbasis New York bahkan harus mengantisipasi dengan “menyelubungi” sampul  karena banyaknya orang awam yang tetap mengira Pejic adalah seorang wanita.

Hingga saat ini Andrej Pejic telah muncul dalam berbagai fashion campaign premium brand, berjalan di berbagai catwalk desainer di semua fashion capital, dan muncul dalam beberapa cover majalah serta puluhan editorial, baik dalam balutan busana pria maupun wanita.

Kecintaan Pejic pada dunia fashion tak perlu diragukan lagi. Dalam sebuah wawancara, dia bahkan mengungkapkan kesediaannya untuk operasi kelamin bila memang  label Victoria Secret memintanya untuk menjadi model women underwear. Sebuah hal yang beberapa orang sayangkan, karena jika benar terjadi, maka androgynitas Pejic  akan hilang beserta suksesnya operasi tersebut.

Andrej Pejic in Jean Paul Gaultier runway

Pejic in Marc Jacobs Campaign

Andrej Pejic for Schon Magazine



Pejic (right) in Custo Barcelona runway wearing womenswear



Teks: @juris_the_great Foto: dok.TheFashionisto

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...