Thursday, January 7, 2010

KISAH ES TEH

5,5 tahun yang lalau, harga es teh di jogja cuma Rp. 600,-
murah !
di angkringan malah bisa kita dapatkan dengan 500 rupiah saja. bukan cuma air seduhan teh, benar-benar es teh manis.
kemudian harga nya naik menjadi 700 rupiah... kenaikan pertama selama gw di jogja, tapi masih lebih murah dari pada di tempat lain.
lalu di tahun 2006, saat harga bensin naik menjadi hampir 2x lipat.. maka harga segelas esteh pun ikut melambung beserta berbagai barang lain. sekarang harga nya menjadi Rp. 1.000,-
masih ingat waktu itu, di burjo dan berbagai warung makan, yang biasanya di daftar menu atau di papan harga, cuma di coret, atau angka nya ditulis ulang dengan menebalkan angka baru, saat itu papan diturunkan, diganti dengan harga baru. menu dicetak ulang, karena bukan cuma es teh saja yang naik, tapi hampir semua makanan.
hingga hampir 3 tahun kemudian, harga es teh tak tergoyahan, masih di angka 1000 rupiah, tak perduli rupiah masih terus kucing2an dengan dollar AS, tak perduli inflasi masih terus turun naik, dan tak peduli kandal korupis dan perbankan makinmeraja lela.
lama sekali harega segelas es teh itu tete, konstan, sustain, di patokan 1000 rupiah, sampai tiba2 di hari ke dua tahun 2010, saat ge ke burjo, dan mendapati harga segelas es teh kini Rp. 1.500,-
ya benar naik lagi, 50% dari harga sebelum nya, walaupun harga minyak dunia masih tetap di bawah 55 dollar AS, namun harga es teh naik sedemikian tingginya.
segelas es teh mungkin bukan barang yg menarik, bukan juga barang yg unik, tapi yakinlah, itu mungkin cairan yang paling sering berseluncur di tenggorokan kita, yang paling sering gelas nya kita genggam. baik di saat pagi, siang, sore, maupun malam. yang telah menemani sepiring santap kita.



es teh, minuman paling populer di Indonesia itu kini sehareag Rp. 1.500,- di jogja...
tapi...
tunggu, ternyata masih banyak burjo yang belum mencoret papan menu mereka, belum mengganti perhitungan nya,
segelas manis dan segar itu, kadang masih berharga seribu saja
es teh

2 comments:

  1. Es Teh memang tak tergantikan ya.
    selain paling segar, paling cepat bikinnya... juga kayaknya paling murah meriah dibanding pilihan es es yang lain.

    siiip, aku juga suka es teh.
    suka harganya pula...

    ReplyDelete
  2. hahaha..
    es teh memang minuman no 1 di indoensia..
    juga di inggris dan india dan china

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...