Sunday, December 30, 2012

Kaledoskop Fashion 2012 #1

Seperti bidang-bidang lainnya dalam dunia yang terus berputar, fashion juga mengalami banyak pencapaian, kehilangan, perayaan dan hal-hal yang terus akan kita ingat terjadi di sepanjang tahun 2012.
Beberapa hal tersaji di bawah ini.

The Arrival and Departure

Walaupun pergantian designer pada sebuah label adalah hal yang lumrah, namun tahun 2012 akan selalu diingat dengan pergantian creative director yang dramatis dan begitu mentita perhatian publik fashion.

Raf Simons
Sebelumnya dikenal akan design nya yang sleek dan modern untuk label Jil Sander, tiba-tiba mengumumkan untuk meninggalkan label tersebut setelah show fall/winter 2012. Seperti yang diprediksikan banyak orang, akhirnya Raf menempati posisi baru sebagai creative director fashion house legendaris Dior, menggantikan Bill Gaytten yang menjalankan masa transisi setelah insiden SARA pendahulunya, John Galliano. Koleksi Haute Couture Fall 2012 dan Spring/Summer 2013 memberi nuansa dan arah baru bagi Dior. Sementara label Jil Sander kembali diotaki oleh pendirinya, Jil Sander.
Raf Simons
Bill Gaytten
Jil Sander


Hedi Slimane 
Kedatangannya kembali ke label Yves Saint Laurent menimbulkan "kegaduhan" dalam dunia fashion. Slimane yang meninggalkan YSL di tahun 2001 dan kemudian lebih dikenal luas sebagai fashion photographer, pada awalnya kurang diterima oleh beberapa fashion people. Menggantikan Stefano Pilati yang koleksinya menjadi favorite banyak editor memang tidak mudah, apalagi setelah Slimane memutuskan mengganti nama YSL yg ikonik tersebut dengan Saint Laurent Paris. Sementara Stefano Pilati akhirnya mengumumkan telah menandatangani kontrak dengan label Italia, Ermenegildo Zegna.
Hedi Slimane
Stefano Pilati

Nicolas Ghesquière
Namanya identik dengan Balenciaga, dan the New York Times menyebutnya sebagai "the most important designer at his generation." Namun awal November publik fashion dikejutkan dengan pengumumannya untuk mengakhiri masa kerjanya di Balenciaga setelah selama 15 tahun sukses nyaris tanpa cela. Belum diketahui label mana yang akan "menangkap" si anak emas, namun banyak yang memprediksikan Ghesquière akan mendirikan labelnya sendiri. Sementara posisi creative director Balenciaga yang baru ada pada Alexander Wang.
Nicolas Ghesquière
Alexander Wang



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...