Monday, December 12, 2011

MARI MENANAM POHON

Mungkin himbauan menanam pohon sudah sering kita dengar dan baca, namun apakah kita benar-benar sudah melakukannya?

Desember ditetapkan pemerintah sebagai Bulan Menanam Pohon Nasional, sedangkan tangal 28 November adalah Hari Menanam Pohon Nasional. Semua pasti sudah tahu manfaat pohon bagi bumi dan kehidupan manusia. Selain sebagai perindang, habitat binatang, menjaga struktur tanah dari longsor, menyuburkan tanah, dan mencegah banjir, pepohonan yang kita tanam punya fungsi vital, yaitu penyerap karbon dioksida dan penyedia oksigen.

Slogan “Banyak Pohon, Banyak Rejeki” rasanya sangat tepat dipilih, bila melihat fungsi-fungsi pohon yang sangat esensial bagi kehidupan manusia. Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk berpartisipasi dalam Bulan Menanam Pohon Nasional ini?

Ideal untuk ditanam adalah bibit tumbuhan keras, seperti Trembesi, Mahoni, Tanjung atau tanaman buah seperti Mangga dan Rambutan. Sedangkan tanaman hias atau tanaman taman kurang efektif.

Seringkali, kita yang hidup di perkotaan mengalami kesusahan untukturut andil dalam gerakan menaam pohon ini. Alasan nya mulai dari yang sederhana seperti tak ada waktu, hingga alasan tak punya lahan untuk ditanami.

Tapi jangan takut, berikut ini tips-nya:
  1. Tanam pohon keras di sekitar rumah. Pilihlah pohon buah seperti mangga atau rambutan, sehingga nantinya kita juga bisa memetik hasil plus.
  2. Beli bibit pohon dan sumbangkan ke kampus atau tempat kerja. Coba tanya ke tukang kebun kampus atau kantor, siapa tahu mau membantu menanam nya, jangan lupa beri sedikit “bonus” sebagai kompensasi.
  3. Bibit pohon bisa kamu sumbangkan ke sekolah-sekolah di sekitar tempat tinggal kita. Coba cek dengan bertanya ke pihak SD, SMP, SMA terdekat.
  4. Browsing internet untuk menemukan pihak-pihak, baik LSM, gerakan-gerakan lingkungan, maupun lainnya yang menerima donasi berupa uang untuk digunakan dalam kegiatan penanaman pohon. 
  5. Ubah hadiah ulang tahun, natal, tahun baru atau valentine dengan memberi hadiah pohon ke teman-teman, saudara, dan relasi pekerjaan.
  6. Yang paling gampang, terus sebarkan semangat menanam pohon dan merawatnya terus-menerus setiap saat melaalui akun jejaring sosial kita.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...