Tuesday, August 9, 2011

Why September Issue Is So Important?

Dalam dunia majalah, terutama majalah fashion september issue atau edisi september begitu pentingnya. Fakta the world thickest and heaviest september issue masih dipegang oleh Vogue US dengan total 840 halaman dalam edisi nya di September 2007.
Lalu kenapa september issue begitu penting dan mencuri perhatian?

The Holy Vogue September 2007
"September is the January in fashion!"
Pada September lah trend yang diatur sesuai musim berganti, dari spring/summer ke fall/winter. Pergantian ini tidak saja bergantinya trend dari light and colorful ke glam and rich in everything, tapi juga berarti berganti nya semua mood dalam industri ini. Iklan dan campaign spring/summer ditarik dari peredaran dan diganti dengan aktualisasi fall/winter. Itulah kenapa seringkali september issue adalah edisi majalah dengan prosentasi iklan terbanyak, bisa hampir 80%.
Namun jangan khawatir, majalah yang baik seharusnya bisa memilih mana iklan yang layak dicantumkan dan mana yang harus ditolak. Seringkali iklan dan campaign tak jauh berbeda dari sebuah fashion spread dan fashion editorial. Sama-sama dikerjakan dengan sangat niat, melibatkan fotografer handal, model dan muse kenamaan (yang tak jarang melewati serangkaian seleksi untuk menjadi sang "wajah" baru), dan stylist serta team work yang hebat.
Memandangi lembar demi lembar campaign ini seakan memberi kita informasi, what's in and what's out. Apa yang sedang atau akan jadi trend, apa yang harus kita beli dan punya, dan mana yang sudah saatnya disemedikan dalam lemari kita. Bisa jadi semua campaign itu adalah informasi seperti halnya lembar demi lembar tulisan para editor fashion yang memilih trend apa yang akan "berjaya" musim tersebut.

Yah, september issue adalah edisi terpenting selain edisi ulang tahun majalah yang bersangkutan. Di sini lah trend terbaru dijabarkan untuk semusim ke depan. disinilah departement store dan designer berlomba-lomba menaruh campaign nya untuk meraup puluhan juta dollar pendapatan dari penjualan baju di industri ini, di sinilah para fashion concious people berlomba-lomba mengaktualisasi diri dalam lembar demi lembar "kitab suci" dunia fashion.

Jika anda pernah melihat film semi dokumenter September Issue, inilah sekelumit cerita di balik "the holy september issue". Bila belum tontonlah. Film yang menceritakan kisah di balik layar proses pembuatan Vogue edisi September 2007 ini bisa membantu kita dalam mencari jawaban pertanyaan di awal tulisan ini.

And now, I ask you the same question: Why September Issue Is So Important (for you)?

4 comments:

  1. oh wow! interesting facts..
    hahaha dan aku nunggu bulan September krn majalah2nya selalu lebih tebal dan banyak bgt hadiah :D

    ReplyDelete
  2. seru! akhirnya sedikit banyak jadi lebih tau soal hiruk-pikuk di balik edisi September yang tebal dan berat itu *dan pastinya ngasih liat bahwa dunia fashion nggak hanya about glam, but also about hard work, yes?*

    tapi emang bener, walaupun isinya banyakan iklan edisi September selalu dicari. waktu aku part-time di sebuah tobuk yg jualan buku/majalah impor, September issue selalu dicari krn iklan2nya aja udah kasi inspirasi fashion, baik u/ produsen bahkan para fashionista :D

    ReplyDelete
  3. Ryann: begitulah, tiap september itu meninggalkan banyak kesan (juga fakta) yang mendalam.
    fashion industry, and fashion itself are not about the glamourness as it shown. ada banyak kepentingan layaknya politik di sana.

    ReplyDelete
  4. Disty: yup! fashion itu ga seglamor yang tampak di luar. isinya penuh dengan kerja keras, dan kreativitas serta intrik yang tak kalah melodramais.
    bukan cuma buat konsumen, trend itu juga menentukan nasib para produsen, baju manakah yang harus diproduksi secara massal. begitu juga buat para retailer, industry ini mau ga mau harus diakui menghidupi banyak (banyak sekali) manusia di dalam nya, sadar atau tidak sadar manusia itu. seperti yang dikatakan miranda dalam devi wears prada, bahkan memilih warna biru yang tepat (yang padahal bukan biru, tapi cherulain) bisa mengubah banyak hidup orang.

    ReplyDelete